Dalam Chat Bersama Dokter atau layanan telekonsultasi, kemungkinan diagnosis yang akurat dapat diperoleh terutama dari hasil anamnesis yang baik. Namun,...
Bagaimana cara memberi penjelasan mengenai diagnosis banding kepada user dalam Chat Bersama Dokter - Diskusi Dokter
general_alomedikaDiskusi Dokter
- Kembali ke komunitas
Bagaimana cara memberi penjelasan mengenai diagnosis banding kepada user dalam Chat Bersama Dokter
Dalam Chat Bersama Dokter atau layanan telekonsultasi, kemungkinan diagnosis yang akurat dapat diperoleh terutama dari hasil anamnesis yang baik. Namun, terkadang kendala yang ditemukan adalah minimnya anamnesis, sehingga penjelasan kemungkinan kondisi yang dialami atau diagnosis banding yang diberikan menjadi kurang relevan. Kadangkala juga ditemukan penjelasan yang terlalu panjang dengan diagnosis banding yang sangat banyak.
Oleh karena itu, penting untuk Dokter terlebih dahulu melakukan anamnesis yang memadai untuk menguatkan atau menyingkirkan diagnosis banding. Setelah itu, Dokter dapat memberikan penjelasan diagnosis banding yang relevan dengan diurutkan dari kondisi yang paling mungkin. Diperlukan juga komunikasi dan cara penyampaian penjelasan yang baik, seperti tidak terlalu panjang atau dipisah dalam beberapa bubble chat/kolom chat, menggunakan bahasa awam yang baik, interaktif, dan penuh empati. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kualitas informasi yang Dokter berikan serta mudah dipahami oleh pengguna.
Bagaimana pengalaman rekan-rekan sejawat dalam memberikan penjelasan kondisi pasien? Apakah ada kendala yang dialami? Mari kita diskusikan bersama.
Selamat siang dokter, iya setuju dengan yang dokter Olvy sampaikan. Saat melakukan diskusi dengan pasien/user, tanya jawab sangat penting dilakukan. Karena dengan melakukan tanya jawab yang baik, (cukup, terarah, dan tidak meluas) akan membantu pemberian kemungkinan-kemungkinan penyebab, serta pemberian edukasi dan home management nantinya. Sebenarnya saat tidak melakukan anamnesis, mungkin yang nantinya bingung adalah kita sendiri ya Dokter, terutama saat memiliki diagnosis banding, bisa terlalu luas bahkan tidak terarah nantinya.
Mungkin ada TS lain yang ingin menyampaikan pendapat atau kendala yang dialami. CMIIW
Terima kasih juga atas sharing-nya dr. Merry, betul sekali dokter.
Penjelasan mengenai kemungkinan penyebab atau diagnosis banding penting untuk dijelaskan dengan baik supaya pengguna dapat memahami kondisi yang dialaminya serta dapat membedakan antara satu diagnosis dengan diagnosis banding lainnya
Berbeda dengan kasus ketika user sudah memiliki diagnosis dari dokter saat periksa langsung dan menanyakan tentang perjalanan penyakitnya/obat-obatan yang sedang dikonsumsi, maka poin DD bisa tidak ditekankan.
Kebanyakan pula, chatbot sering digunakan hanya untuk awalan anamnesis saja, ketika sampai kesimpulan, ditolak dan ditambahkan oleh dokternya tanpa melihat lagi anamnesis yang dilakukan chatbot sudah relevan atau belum dengan kasus pengguna. Hal-hal seperti ini penting dalam menjaga nilai kualitas dari pelayanan dan sikap profesionalitas dokter yang tentunya diamati oleh tim QC.