Saya dpt ulasan kl pasien menganggap saya menutup chat secara sepihak, padahal chat nya tertutup secara otomatis oleh sistem sehingga bukan kesalahan dari...
Ulasan performa dokter medical advisor - Diskusi Dokter
general_alomedikaDiskusi Dokter
- Kembali ke komunitas
Ulasan performa dokter medical advisor
Saya dpt ulasan kl pasien menganggap saya menutup chat secara sepihak, padahal chat nya tertutup secara otomatis oleh sistem sehingga bukan kesalahan dari dokter yg menutup secara sepihak..
ulasan ini dibaca oleh pengguna, yg menyebabkan performa saya terkesan jelek, apakah ada jalan keluar dari alomedika untuk hal ini dok?
Terima kasih
Atau di ulasan negatir, dokter diberi hak utk mengkonfirmasi. Jadi ada hak utk defense, 2 arah, krn ada jg memang user2 patologis.Dulu2 bgt setahu saya komentar jelek/ menjatuhkan / menghina bisa minta ditakedown. Sekarang ga bisa lg krn katanya itu hak dr customer utk mereview layanan.Hak dokter bagaimana? 😶
Kalo memang ada evaluasi dan kesepakatan dari App store dan Play store seperti itu memang sulit juga, ya. Kalo kita paksakan malah kita ga bisa aktivitas sama sekali.
Mungkin kalo boleh usul begini saja. Kita tetap membiarkan review customer apa adanya, tapi di bawah review itu, pihak Alomedika bisa memberikan tanggapan nya, sekaligus memberikan feedback kepada si customer. Isi tanggapannya tergantung hasil evaluasi QC Alomedika. Kalo misalnya mmg dokternya yang "salah" maka kita sampaikan permintaan maaf kita. Tapi kalo customer nya yang "salah" seperti pada kasus ini, maka Alomedika harus memberikan penjelasan aturan mainnya kepada mereka.
Demikian masukan dari kami.
2. Terbukti beberapa user memberikan komentar positif walaupun saya akhiri sepihak .... dg terlebih dahulu memberikan penjelasan secara menyeluruh dg beberapa kemungkinan diagnosa disertai saran
Alo, Bapak/Ibu Dokter, Psikolog,
Terima kasih atas perhatian, saran, dan masukannya bagi tim Alodokter-Alomedika
Saya memahami bahwa menerima ulasan negatif dari pengguna bisa menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan, terutama bagi para dokter yang berkomitmen memberikan pelayanan terbaik. Perlu diingat juga bahwa ulasan pengguna dapat memberikan manfaat positif yang signifikan.
Ulasan dari pengguna memberikan umpan balik langsung tentang pengalaman pasien. Ini memberi kesempatan kepada dokter untuk lebih memahami kebutuhan dan harapan pasien. Dengan memahami perspektif pasien, dokter dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan dan menjaga kepuasan pasien.
Selain itu, ulasan pengguna juga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap platform ini. Ketika pengguna melihat bahwa ulasan, baik positif maupun negatif, diberikan secara transparan, hal ini menciptakan lingkungan yang terbuka dan akuntabel. Ini dapat meningkatkan kepercayaan pengguna pada dokter dan platform secara keseluruhan.
Terkait isu spesifik mengenai ulasan karena percakapan ditutup otomatis oleh sistem. Saya memahami kondisi dokter Anonimus yang membuat thread.
Saya mengapresiasi komentar senior Kami dr. Mu'ammal Hamidy Sp.KJ yang mengikuti SOP - Kaidah Menjawab di Alodokter untuk user yang tidak merespon.
Sesuai dengan Kaidah Menjawab di Alodokter, Dokter diharapkan tetap memberikan jawaban (informasi) yang memadai mengenai kondisi yang ditanyakan pasien. Walau mungkin informasi yang diberikan menjadi kurang spesifik karena user tidak merespon pertanyaan lebih lanjut dari dokter, namun secara garis besar dokter dapat memberikan informasi umum mengenai kemungkinan diagnosis (diagnosis banding), informasi tanda bahaya, informasi rencana terapi yang memungkinkan dilakukan.
Dengan demikian, menurut data dan juga sebagaimana kita lihat testimoni dari komentar dr. Mua'mmal Sp.KJ hal ini bisa meminimalisir complain atau review negatif dari user.
Saya juga sangat mengapresiasi saran dari dr. Siti Sara Annisa mengenai "untuk pada pasien yg chat yg terclose otomatis oleh sistem (akibat pasien tidak respons / tidak menjawab pertanyaan dokter lebih dr 30 menit) maka pasien tersebut secara otomatis tidak dapat mengisi ulasan" Ini saran yang baik. Akan Saya diskusikan lebih lanjut dengan tim internal. Terima kasih banyak atas saran yang diberikan.
Melalui diskusi ini, Saya juga mengajak bapak/Ibu Dokter, Psikolog semua untuk bersama-sama melihat ulasan pengguna sebagai peluang untuk kemajuan dan pembelajaran. Mari kita gunakan umpan balik ini untuk terus meningkatkan standar pelayanan medis kita dan memastikan bahwa pengguna mendapatkan pengalaman terbaik.
Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasama dan komitmen Bapak/Ibu Dokter, Dokter Spesialis, Dokter Gigi, Dokter Hewan, Psikolog, untuk menjaga kualitas layanan medis di platform Alodokter-Alomedika.
Salam hormat,
dr.Alni Magdalena
Head of Medical Community - Operations ALODOKTER
Tapi hal ini memang diluar kendali kita..
Krna pasien memang ad hak utk mmberikan penilaian walaupun kita sdh berusaha menjawab nya
Saya jg berharap ada jalan keluar yg baik terkait hal ini utk Alomedika..
Sy juga dpt performa yg krg baik dari alodokter krn dibilang sy tidak on time. Padahal ketika jadwalnya jawab sesi sy selalu drag dan standby tp sebanyak 3x, aplikasi muter2 terus. Klo di bilang sinyal, kondisi lagi 4G+, kuota masih 30GB ganti ke wifi, hp yg lain konek wifi bisa nonton youtube kualitas 1080. Sudah Diberikan solusi ke saya, tp kenyataannya aplikasinya juga suka error. Mungkin perlu ada perbaikan lebih lagi dan dilihat 2 sisi agar jangan ada lagi dokter yg merasa ga adil. Krn tanpa kontribusi banyak dokter2, alodokter juga gak dpt income juga toh
Sering saya alami juga... Aplikasi nya Muter2 terus padahal sinyal internet bagus.... Mohon perbaikan dari IT alodokter. Terima kasih