Ulasan performa dokter medical advisor - Diskusi Dokter

general_alomedika

Saya dpt ulasan kl pasien menganggap saya menutup chat secara sepihak, padahal chat nya tertutup secara otomatis oleh sistem sehingga bukan kesalahan dari...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Ulasan performa dokter medical advisor

    Dibalas 04 Desember 2023, 11:39
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Spesialis Saraf

    Saya dpt ulasan kl pasien menganggap saya menutup chat secara sepihak, padahal chat nya tertutup secara otomatis oleh sistem sehingga bukan kesalahan dari dokter yg menutup secara sepihak..

    ulasan ini dibaca oleh pengguna, yg menyebabkan performa saya terkesan jelek, apakah ada jalan keluar dari alomedika untuk hal ini dok?

    Terima kasih

03 Desember 2023, 10:58
dr.Fandi Triansyah, Sp.PD
dr.Fandi Triansyah, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Ini sebenarnya masalah klasik dan ga pernah ada solusi. Sebaiknya dr alodokter memberikan disclaimer soal rules2, time limit dll kepada user/ pasien jg. Jadi mereka jg teredukasi dgn baik, apa hak dan KEWAJIBAN nya.Jangan hanya menuntut kualitas dr dokternya saja. Tp seperti ga ada proteksi utk dokternya.
Atau di ulasan negatir, dokter diberi hak utk mengkonfirmasi. Jadi ada hak utk defense,  2 arah, krn ada jg memang user2 patologis.Dulu2 bgt setahu saya komentar jelek/ menjatuhkan / menghina bisa minta ditakedown. Sekarang ga bisa lg krn katanya itu hak dr customer utk mereview layanan.Hak dokter bagaimana? 😶
04 Desember 2023, 11:35
dr. Yufi Permana, M.Ked(OG), SpOG
dr. Yufi Permana, M.Ked(OG), SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Setuju, krn beberapa komen negatif banyak yg tidak sesuai dg kenyataan, dan cukup membuat down
03 Desember 2023, 11:30
Menurut pandangan saya...aplikasi ini fokus sm pasien saja sehingga  akhirnya kurang memfasilitasi profesional yang terlibat didalamnya..efeknya banyak TS berpindah keaplikasi lainnya yang lebih ramah soal waktu,respon pasien yang begini dan tentunya fee yang didapatkan oleh profesionalnya...Mohon menjadi perhatian dan perbaikan dari manajemen agar profesional yang terlibat dlm aplikasi ini bisa nyaman juga untuk melayani pasiennya 🙏
03 Desember 2023, 11:11
Saya pernah juga mengalami hal serupa, atau sebagai solusi mungkin apakah bisa dibuat untuk pada pasien yg chat yg terclose otomatis oleh sistem (akibat pasien tidak respons / tidak menjawab pertanyaan dokter lebih dr 30 menit) maka pasien tersebut secara otomatis tidak dapat mengisi ulasan (dinonaktifkan kolom ulasan untuk pasien tersebut)? Dibuat not applicable begitu,, atau mungkin dapat juga pasien diedukasi di awal secara otomatis by sistem bahwa apabila anda tidak respon lebih dr 30 menit maka secara otomatis chat akan tertutup sehingga pasien sudah tahu dari awal dan tidak merasa dirugikan.


03 Desember 2023, 10:47
Saya sdh berkali2 mengalami hal yg sama. Setiap ditanyakan ke tim operasional, jawabannya gak memberikan solusi bgt. 😮‍💨
03 Desember 2023, 17:10
dr. M. Tasrif Mansur, Sp.PD
dr. M. Tasrif Mansur, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Alodokter,
Kalo memang ada evaluasi dan kesepakatan dari App store dan Play store seperti itu memang sulit juga, ya. Kalo kita paksakan malah kita ga bisa aktivitas sama sekali.
Mungkin kalo boleh usul begini saja. Kita tetap membiarkan review customer apa adanya, tapi di bawah review itu, pihak Alomedika bisa memberikan tanggapan nya, sekaligus memberikan feedback kepada si customer. Isi tanggapannya tergantung hasil evaluasi QC Alomedika. Kalo misalnya mmg dokternya yang "salah" maka kita sampaikan permintaan maaf kita. Tapi kalo customer nya yang "salah" seperti pada kasus ini, maka Alomedika harus memberikan penjelasan aturan mainnya kepada mereka.
Demikian masukan dari kami.
03 Desember 2023, 11:44
dr. Mu'ammal Hamidy, Sp. KJ
dr. Mu'ammal Hamidy, Sp. KJ
Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa
1. Saya akan berusaha memberikan jawaban secara menyeluruh dg menyampaikan beberapa kemungkinan  diagnosa  disertai saran tanpa menunggu respon dari user pada menit ke 15  atau 20.....selanjutnya menjelang mnt ke 30 jika belum juga ada respon dari user ... saya  sampaikan ke user bahwa berhubung 30 mnt tidak ada respon maka sesi konsultasi akan saya akhiri sendiri sebelum diakhiri otomatis oleh sistem .. Dan juga sampaikan ke user bahwa jika ada yg ingin ditanyakan atau disampaikan lebih lanjut.. Bisa di sesi berikutnya

2. Terbukti beberapa user  memberikan komentar positif walaupun saya akhiri sepihak .... dg terlebih dahulu memberikan penjelasan secara menyeluruh dg beberapa kemungkinan diagnosa disertai saran
04 Desember 2023, 11:39

Alo, Bapak/Ibu Dokter, Psikolog, 
Terima kasih atas perhatian, saran, dan masukannya bagi tim Alodokter-Alomedika 

Saya memahami bahwa menerima ulasan negatif dari pengguna bisa menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan, terutama bagi para dokter yang berkomitmen memberikan pelayanan terbaik. Perlu diingat juga bahwa ulasan pengguna dapat memberikan manfaat positif yang signifikan.

 

Ulasan dari pengguna memberikan umpan balik langsung tentang pengalaman pasien. Ini memberi kesempatan kepada dokter untuk lebih memahami kebutuhan dan harapan pasien. Dengan memahami perspektif pasien, dokter dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan dan menjaga kepuasan pasien.

 

Selain itu, ulasan pengguna juga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap platform ini. Ketika pengguna melihat bahwa ulasan, baik positif maupun negatif, diberikan secara transparan, hal ini menciptakan lingkungan yang terbuka dan akuntabel. Ini dapat meningkatkan kepercayaan pengguna pada dokter dan platform secara keseluruhan.


Terkait isu spesifik mengenai ulasan karena percakapan ditutup otomatis oleh sistem. Saya memahami kondisi dokter Anonimus yang membuat thread.
Saya mengapresiasi komentar senior Kami dr. Mu'ammal Hamidy Sp.KJ yang mengikuti SOP - Kaidah Menjawab di Alodokter untuk user yang tidak merespon. 

Sesuai dengan Kaidah Menjawab di Alodokter, Dokter diharapkan tetap memberikan jawaban (informasi) yang memadai mengenai kondisi yang ditanyakan pasien. Walau mungkin informasi yang diberikan menjadi kurang spesifik karena user tidak merespon pertanyaan lebih lanjut dari dokter, namun secara garis besar dokter dapat memberikan informasi umum mengenai kemungkinan diagnosis (diagnosis banding), informasi tanda bahaya, informasi rencana terapi yang memungkinkan dilakukan. 

Dengan  demikian,  menurut  data  dan  juga  sebagaimana  kita  lihat testimoni  dari  komentar  dr.  Mua'mmal  Sp.KJ  hal  ini  bisa  meminimalisir  complain  atau  review  negatif  dari  user.  

Saya  juga  sangat  mengapresiasi  saran  dari  dr.  Siti Sara  Annisa mengenai  "untuk pada pasien yg chat yg terclose otomatis oleh sistem (akibat pasien tidak respons / tidak menjawab pertanyaan dokter lebih dr 30 menit) maka pasien tersebut secara otomatis tidak dapat mengisi ulasan" Ini saran yang baik. Akan Saya diskusikan lebih lanjut dengan tim internal. Terima kasih banyak atas saran yang diberikan.

Melalui diskusi ini,  Saya juga mengajak bapak/Ibu Dokter, Psikolog semua untuk bersama-sama melihat ulasan pengguna sebagai peluang untuk kemajuan dan pembelajaran. Mari kita gunakan umpan balik ini untuk terus meningkatkan standar pelayanan medis kita dan memastikan bahwa pengguna mendapatkan pengalaman terbaik.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasama dan komitmen Bapak/Ibu Dokter, Dokter Spesialis, Dokter Gigi, Dokter Hewan, Psikolog,  untuk menjaga kualitas layanan medis di platform Alodokter-Alomedika. 


Salam hormat, 
dr.Alni  Magdalena
Head  of  Medical  Community  - Operations  ALODOKTER

03 Desember 2023, 12:04
Pernah mengalami hal yg serupa. Jadi setelah itu, jika ada pasien yang belum membalas selama 7-10 menit, biasanya akan saya sampaikan bahwa chat akan tertutup otomatis jika tidak dibalas dalam 30 menit.
03 Desember 2023, 07:45
Alo dokter..saya jg mengalami hal yg sama dokter..
Tapi hal ini memang diluar kendali kita..
Krna pasien memang ad hak utk mmberikan penilaian walaupun kita sdh berusaha menjawab nya
Saya jg berharap ada jalan keluar yg baik terkait hal ini utk Alomedika..
03 Desember 2023, 23:04
dr. Benny Muliawan, Sp.B.P.R.E
dr. Benny Muliawan, Sp.B.P.R.E
Dokter Spesialis Bedah Plastik

Sy juga dpt performa yg krg baik dari alodokter krn dibilang sy tidak on time. Padahal ketika jadwalnya jawab sesi sy selalu drag dan standby tp sebanyak 3x, aplikasi muter2 terus. Klo di bilang sinyal, kondisi lagi 4G+, kuota masih 30GB ganti ke wifi, hp yg lain konek wifi bisa nonton youtube kualitas 1080. Sudah Diberikan solusi ke saya, tp kenyataannya aplikasinya juga suka error. Mungkin perlu ada perbaikan lebih lagi dan dilihat 2 sisi agar jangan ada lagi dokter yg merasa ga adil. Krn tanpa kontribusi banyak dokter2, alodokter juga gak dpt income juga toh

04 Desember 2023, 03:40
dr. Mu'ammal Hamidy, Sp. KJ
dr. Mu'ammal Hamidy, Sp. KJ
Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa

Sering saya alami juga... Aplikasi nya Muter2 terus padahal sinyal internet bagus.... Mohon perbaikan dari IT alodokter. Terima kasih

04 Desember 2023, 04:56
Inilah yang membuat performa menurun, mohon solusi terbaik
03 Desember 2023, 10:11
Saya juga pernah mengalami seperti ini, dan sudah pula mencoba ke operator krn ada kendala teknis dari aplikasi juga.. jadi disana saya masih mengetik lalu tiba2 ditutup.. padahal saya sudah menjawab dan dari sana yg tidak ada respons.. namun pasien menganggap bahwa saya yg menutup sesi chat. Semoga ada jalan keluar dari masalah2 seperti ini 🙏🏻