Alo dokter,Sejalan dengan perkembangan teknologi yang ada, kini akses layanan kesehatan bisa didapatkan mudah secara online. Karena kemudahan tersebut, tidak...
Menghadapi pasien usia di bawah 17 tahun dalam konsultasi online - Diskusi Dokter
general_alomedikaDiskusi Dokter
- Kembali ke komunitas
Menghadapi pasien usia di bawah 17 tahun dalam konsultasi online
Alo dokter,
Sejalan dengan perkembangan teknologi yang ada, kini akses layanan kesehatan bisa didapatkan mudah secara online. Karena kemudahan tersebut, tidak jarang beberapa pasien kita dapati masih dibawah usia 17 tahun. Kemudian, bagaimana kita menghadapi pasien tersebut dalam ranah konsultasi online?
Setelah dipastikan bahwa usia pasien dibawah 17 tahun, sebaiknya diingatkan yaitu sesuai kebijakan penggunaan layanan online bahwa pasien harus diatas 17 tahun atau berada dengan pengawasan orangtua/wali. Namun, setelahnya pertanyaan yang diajukan hendaknya tetap dijawab oleh dokter sebagai bagian dari pelayanan konsultasi. Jawaban yang dokter berikan juga sebaiknya tetap mengutamakan faktor keamanan dari pasien dengan melengkapi home management serta identifikasi keadaan bahaya yang butuh penanganan langsung oleh dokter.
Pada akhir konsultasi, dokter dapat memastikan kembali bahwa informasi yang diberikan sudah dimengerti dengan baik oleh pasien. Tidak lupa, dokter mengingatkan akan pentingnya komunikasi dengan orangtua/wali pasien mengenai kondisi yang dialami serta saran pemeriksaan langsung oleh dokter.
Ā
Bagaimana dengan pengalaman teman sejawat sekalian? Adakah yang mendapati pasien dibawah umur serta kendala apa yang dokter hadapi?
Izin menyampaikan pengalaman pribadi juga dokter. Umumnya kalau usia di bawah 18 tahun, biasanya di awal saya sampaikan bahwa forum ini ditujukan untuk konsultasi di atas 18 tahun, dan menganjurkan kedepannya berkonsultasi dengan ortu dulu.
Setelah itu, biasanya saya lanjutkan seperti biasa saja
Namun terkadang, sulit nya pada kelompok usia ini, sudah kita berikan penjelasan panjang lebar, namun ternyata penjelasan nya tidak dibaca, terlihat dari pasien menanyakan hal yg sudah dijelaskan. Tidak sekali dua kali seperti ini. Sudah diulangi penjelasan nya, masih ditanyakan
Kalau seperti ini, baiknya bagaimana menyikapi nya secara professional dokter?
Terima kasih dokter :)
Pendekatan yang dilakukan diawal sudah bagus ya dok, memang ada juga user dibawah usia tersebut yang terkesan main-main saja menggunakan aplikasi.
Terkait hal tersebut, jika memang sudah dijelaskan, dokter boleh katakan untuk membaca penjelasan terkait dan menanyakan kejelasan informasi diakhir.
Apabila terkesan pertanyaan berputar-putar, dokter boleh tegaskan apabila tidak ada pertanyaan lain selain yang sudah dijelaskan, maka dokter boleh izin untuk menutup chat.
Bahasa yang digunakan sebaiknya masih dalam bentuk formal dan sesederhana mungkin ya dok, karena user masih bisa meninggalkan review pada chat dokter. Diusahakan review yang ditinggalkan pun, bisa berkesan positif.
Selain itu apalagi jika pertanyaan-pertanyaan sensitif dari usia di bawah umur, mungkin di sini tentu perlu disikapi dengan bijak dan berhati-hati dalam menjelaskan namun tetap menyampaikan dengan bahasa yang baik dan komunikatif, serta tentunya edukasi agar bisa lebih terbuka dengan orang tuanya.
Tantangannya dalan menghadapi User di bawah 18 tahun sangat beragam, namun sebagian besar tentu tidak menunjukkan kematangan berpikir, sering spam chat dan kadang berkata tidak sopan.
Seperti yg dr.Aldi sudah katakan, kita memang tetap harus menjawab pertanyaan user, meski penjelasan secara umum. Namun tak jarang user tidak puas kita jelaskan spt itu, meski sudah kita sebutkan terkait batasan usia user sebelumnya.
Selain itu, Saya sendiri merasa tidak masalah ditanya oleh user di bawah 18 tahun dengan pertanyaan yg memang sering dialami remaja spt misalnya terkait masalah jerawat.
Tantangannya dalan menghadapi User di bawah 18 tahun sangat beragam, namun sebagian besar tentu tidak menunjukkan kematangan berpikir, sering spam chat dan kadang berkata tidak sopan.
Seperti yg dr.Aldi sudah katakan, kita memang tetap harus menjawab pertanyaan user, meski penjelasan secara umum. Namun tak jarang user tidak puas kita jelaskan spt itu, meski sudah kita sebutkan terkait batasan usia user sebelumnya.
Selain itu, Saya sendiri merasa tidak masalah ditanya oleh user di bawah 18 tahun dengan pertanyaan yg memang sering dialami remaja spt misalnya terkait masalah jerawat.
Terima kasih atas berbagi pengalamannya ya dok. Betul bahwa beberapa pasien dibawah umur seringkali didapati melakukan tindakan yang masuk dalam kategori spam dan hal ini bisa ditindaklanjuti dengan pelaporan pada akun tersebut.
Namun, tidak jarang juga seperti pengalaman dr. Nurul yaitu memang mereka bertanya mengenai keluhan yang dialami. Selagi pertanyaan dan respons yang ditunjukkan pasien masih baik, maka tidak ada salahnya kita sebagai dokter melayani konsultasi pasien-pasien tersebut.
Selain itu apalagi jika pertanyaan-pertanyaan sensitif dari usia di bawah umur, mungkin di sini tentu perlu disikapi dengan bijak dan berhati-hati dalam menjelaskan namun tetap menyampaikan dengan bahasa yang baik dan komunikatif, serta tentunya edukasi agar bisa lebih terbuka dengan orang tuanya.
Setuju ya dok, sikap kita juga baiknya bisa komunikatif terhadap pasien-pasien ini selagi respons yang ditunjukkan juga sopan. Selain itu, tetap diingatkan juga ke pasien mengenai kebijakan layanan online yang digunakan.
sependapat dengan dokter dan juga kalau saya seringnya menemukan pasien <18th bertanya mengenai masalah kulit (hanya ingin tau info umum saja) atau menstruasi dok.
sependapat dengan dokter dan juga kalau saya seringnya menemukan pasien <18th bertanya mengenai masalah kulit (hanya ingin tau info umum saja) atau menstruasi dok.
Iya dok, untuk saat ini jika saat registrasi, user memasukkan usia dibawah 17 tahun maka akan ditolak otomatis oleh sistem.
Namun, tidak menutup kemungkinan ada celah tertentu seperti menggunakan akun orangtua atau menuliskan usia yang tidak sesuai, sehingga user dengan usia tersebut masih saja dapat akses ke chat bersama dokter.
Jika pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan masih elok untuk dijawab, hendaknya memang dilayani seperti biasa dok. Tetapi dengan edukasi tambahan berupa pendampingan orangtua dan kebijakan penggunaan aplikasi.
Karena dari sisi managemen pun tidak menganulir pembayaran. Juga, likes yang diberikan oleh user kategori tersebut masih bisa diperhitungkan dalam skema pembayaran bagi Interactive medical advisor.
Saya juga sering menemukan pertanyaan serupa. Kurang lebih disarankan untuk mencari orang yang mereka nyaman dan percaya karena kadang keluarga bukan jadi orang yang nyaman untuk bercerita atau sumber masalahnya di keluarga sendiri.
Izin menyampaikan pengalaman pribadi juga dokter. Umumnya kalau usia di bawah 18 tahun, biasanya di awal saya sampaikan bahwa forum ini ditujukan untuk konsultasi di atas 18 tahun, dan menganjurkan kedepannya berkonsultasi dengan ortu dulu.
Setelah itu, biasanya saya lanjutkan seperti biasa saja
Namun terkadang, sulit nya pada kelompok usia ini, sudah kita berikan penjelasan panjang lebar, namun ternyata penjelasan nya tidak dibaca, terlihat dari pasien menanyakan hal yg sudah dijelaskan. Tidak sekali dua kali seperti ini. Sudah diulangi penjelasan nya, masih ditanyakan
Kalau seperti ini, baiknya bagaimana menyikapi nya secara professional dokter?
Terima kasih dokter :)
dengan diskusi online memberikan pembelajaran bagi kita semua dokter harus hati hati memberikan layanan pasien usia di bawah 17 th sebaiknya selalu dilayani dgn profesional, tutur kata yang santun dan hati hati ucapan yang sensitif serta sebaiknya didampingi orantua atau walipasien .Demikian dok BTK