Menghadapi pasien usia di bawah 17 tahun dalam konsultasi online - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter,Sejalan dengan perkembangan teknologi yang ada, kini akses layanan kesehatan bisa didapatkan mudah secara online. Karena kemudahan tersebut, tidak...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Menghadapi pasien usia di bawah 17 tahun dalam konsultasi online

    Dibalas 18 Agustus 2020, 16:33

    Alo dokter,

    Sejalan dengan perkembangan teknologi yang ada, kini akses layanan kesehatan bisa didapatkan mudah secara online. Karena kemudahan tersebut, tidak jarang beberapa pasien kita dapati masih dibawah usia 17 tahun. Kemudian, bagaimana kita menghadapi pasien tersebut dalam ranah konsultasi online?

    Setelah dipastikan bahwa usia pasien dibawah 17 tahun, sebaiknya diingatkan yaitu sesuai kebijakan penggunaan layanan online bahwa pasien harus diatas 17 tahun atau berada dengan pengawasan orangtua/wali. Namun, setelahnya pertanyaan yang diajukan hendaknya tetap dijawab oleh dokter sebagai bagian dari pelayanan konsultasi. Jawaban yang dokter berikan juga sebaiknya tetap mengutamakan faktor keamanan dari pasien dengan melengkapi home management serta identifikasi keadaan bahaya yang butuh penanganan langsung oleh dokter.

    Pada akhir konsultasi, dokter dapat memastikan kembali bahwa informasi yang diberikan sudah dimengerti dengan baik oleh pasien. Tidak lupa, dokter mengingatkan akan pentingnya komunikasi dengan orangtua/wali pasien mengenai kondisi yang dialami serta saran pemeriksaan langsung oleh dokter.

    Ā 

    Bagaimana dengan pengalaman teman sejawat sekalian? Adakah yang mendapati pasien dibawah umur serta kendala apa yang dokter hadapi?

10 Agustus 2020, 13:53
08 Agustus 2020, 20:30
Alodokter!

Izin menyampaikan pengalaman pribadi juga dokter. Umumnya kalau usia di bawah 18 tahun, biasanya di awal saya sampaikan bahwa forum ini ditujukan untuk konsultasi di atas 18 tahun, dan menganjurkan kedepannya berkonsultasi dengan ortu dulu.

Setelah itu, biasanya saya lanjutkan seperti biasa saja

Namun terkadang, sulit nya pada kelompok usia ini, sudah kita berikan penjelasan panjang lebar, namun ternyata penjelasan nya tidak dibaca, terlihat dari pasien menanyakan hal yg sudah dijelaskan. Tidak sekali dua kali seperti ini. Sudah diulangi penjelasan nya, masih ditanyakan 

Kalau seperti ini, baiknya bagaimana menyikapi nya secara professional dokter?

Terima kasih dokter :) 
Alo dr. Ervin,

Pendekatan yang dilakukan diawal sudah bagus ya dok, memang ada juga user dibawah usia tersebut yang terkesan main-main saja menggunakan aplikasi.

Terkait hal tersebut, jika memang sudah dijelaskan, dokter boleh katakan untuk membaca penjelasan terkait dan menanyakan kejelasan informasi diakhir.

Apabila terkesan pertanyaan berputar-putar, dokter boleh tegaskan apabila tidak ada pertanyaan lain selain yang sudah dijelaskan, maka dokter boleh izin untuk menutup chat. 

Bahasa yang digunakan sebaiknya masih dalam bentuk formal dan sesederhana mungkin ya dok, karena user masih bisa meninggalkan review pada chat dokter. Diusahakan review yang ditinggalkan pun, bisa berkesan positif. 
18 Agustus 2020, 16:33
Baik terima kasih banyak dokter. šŸ‘ŒšŸ‘Œ
30 April 2020, 20:31
Terima kasih atas sharing-nya dok Rey. Betul dok, dengan kemudahan teknologi sekarang bahkan tak jarang ada yang sampai memakai account orang tuanya.

Selain itu apalagi jika pertanyaan-pertanyaan sensitif dari usia di bawah umur, mungkin di sini tentu perlu disikapi dengan bijak dan berhati-hati dalam menjelaskan namun tetap menyampaikan dengan bahasa yang baik dan komunikatif, serta tentunya edukasi agar bisa lebih terbuka dengan orang tuanya. 
30 April 2020, 20:32
Alo Dok, izin ikut berdiskusi, cukup sering Saya menjumpai user berusia di bawah 18 tahun, bahkan ada yg menulis usianya di atas 18, tapi saat chat berjalan, baru mengaku kalau usianya di bawah 18.

Tantangannya dalan menghadapi User di bawah 18 tahun sangat beragam, namun sebagian besar tentu tidak menunjukkan kematangan berpikir, sering spam chat dan kadang berkata tidak sopan.

Seperti yg dr.Aldi sudah katakan, kita memang tetap harus menjawab pertanyaan user, meski penjelasan secara umum. Namun tak jarang user tidak puas kita jelaskan spt itu, meski sudah kita sebutkan terkait batasan usia user sebelumnya.

Selain itu,  Saya sendiri merasa tidak masalah ditanya oleh user di bawah 18 tahun dengan pertanyaan yg memang sering dialami remaja spt misalnya terkait masalah jerawat.
01 Mei 2020, 04:43
30 April 2020, 20:32
Alo Dok, izin ikut berdiskusi, cukup sering Saya menjumpai user berusia di bawah 18 tahun, bahkan ada yg menulis usianya di atas 18, tapi saat chat berjalan, baru mengaku kalau usianya di bawah 18.

Tantangannya dalan menghadapi User di bawah 18 tahun sangat beragam, namun sebagian besar tentu tidak menunjukkan kematangan berpikir, sering spam chat dan kadang berkata tidak sopan.

Seperti yg dr.Aldi sudah katakan, kita memang tetap harus menjawab pertanyaan user, meski penjelasan secara umum. Namun tak jarang user tidak puas kita jelaskan spt itu, meski sudah kita sebutkan terkait batasan usia user sebelumnya.

Selain itu,  Saya sendiri merasa tidak masalah ditanya oleh user di bawah 18 tahun dengan pertanyaan yg memang sering dialami remaja spt misalnya terkait masalah jerawat.
Alo dr. Nurul,

Terima kasih atas berbagi pengalamannya ya dok. Betul bahwa beberapa pasien dibawah umur seringkali didapati melakukan tindakan yang masuk dalam kategori spam dan hal ini bisa ditindaklanjuti dengan pelaporan pada akun tersebut.

Namun, tidak jarang juga seperti pengalaman dr. Nurul yaitu memang mereka bertanya mengenai keluhan yang dialami. Selagi pertanyaan dan respons yang ditunjukkan pasien masih baik, maka tidak ada salahnya kita sebagai dokter melayani konsultasi pasien-pasien tersebut. 
01 Mei 2020, 04:48
30 April 2020, 20:31
Terima kasih atas sharing-nya dok Rey. Betul dok, dengan kemudahan teknologi sekarang bahkan tak jarang ada yang sampai memakai account orang tuanya.

Selain itu apalagi jika pertanyaan-pertanyaan sensitif dari usia di bawah umur, mungkin di sini tentu perlu disikapi dengan bijak dan berhati-hati dalam menjelaskan namun tetap menyampaikan dengan bahasa yang baik dan komunikatif, serta tentunya edukasi agar bisa lebih terbuka dengan orang tuanya. 
Alo dr. Olvy,

Setuju ya dok, sikap kita juga baiknya bisa komunikatif terhadap pasien-pasien ini selagi respons yang ditunjukkan juga sopan. Selain itu, tetap diingatkan juga ke pasien mengenai kebijakan layanan online yang digunakan. 
01 Mei 2020, 10:02
Terima kasih dr Rey...

sependapat dengan dokter dan juga kalau saya seringnya menemukan pasien <18th bertanya mengenai masalah kulit (hanya ingin tau info umum saja) atau menstruasi dok.
01 Mei 2020, 10:04
Terimakasih infonya dok Rey šŸ˜Š
07 Agustus 2020, 16:50
01 Mei 2020, 10:02
Terima kasih dr Rey...

sependapat dengan dokter dan juga kalau saya seringnya menemukan pasien <18th bertanya mengenai masalah kulit (hanya ingin tau info umum saja) atau menstruasi dok.
Alo dr. Ayu,

Iya dok, untuk saat ini jika saat registrasi, user memasukkan usia dibawah 17 tahun maka akan ditolak otomatis oleh sistem.

Namun, tidak menutup kemungkinan ada celah tertentu seperti menggunakan akun orangtua atau menuliskan usia yang tidak sesuai, sehingga user dengan usia tersebut masih saja dapat akses ke chat bersama dokter.

Jika pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan masih elok untuk dijawab, hendaknya memang dilayani seperti biasa dok. Tetapi dengan edukasi tambahan berupa pendampingan orangtua dan kebijakan penggunaan aplikasi.

Karena dari sisi managemen pun tidak menganulir pembayaran. Juga, likes yang diberikan oleh user kategori tersebut masih bisa diperhitungkan dalam skema pembayaran bagi Interactive medical advisor. 
07 Agustus 2020, 16:52
01 Mei 2020, 10:04
Terimakasih infonya dok Rey šŸ˜Š
Terima kasih kembali dr. Pida, jika ada pengalaman menarik dari dokter yang sesuai pembahasan topik. Boleh untuk dibagikan juga dok disini :) 
08 Agustus 2020, 06:33
Untuk user di bawah 18 tahun, banyak yang menanyakan mengenai masalah pribadi, masalah keluarga, dan juga berkaitan dengan kekhawatiran mereka tentang kondisi mental. Terkait dengan masalah psikologis seperti ini, selain memberi pengertian, saya juga mendorong mereka untuk bisa menghubungi guru BK ataupun guru yang dipercaya, apabila memang masalah muncul/terjadi di rumah. Karena terkadang banyak yang cenderung mencari pembenaran atas pikiran mereka saja.
08 Agustus 2020, 10:11
Untuk user di bawah 18 tahun, banyak yang menanyakan mengenai masalah pribadi, masalah keluarga, dan juga berkaitan dengan kekhawatiran mereka tentang kondisi mental. Terkait dengan masalah psikologis seperti ini, selain memberi pengertian, saya juga mendorong mereka untuk bisa menghubungi guru BK ataupun guru yang dipercaya, apabila memang masalah muncul/terjadi di rumah. Karena terkadang banyak yang cenderung mencari pembenaran atas pikiran mereka saja.
Wah iya, Pak.
Saya juga sering menemukan pertanyaan serupa. Kurang lebih disarankan untuk mencari orang yang mereka nyaman dan percaya karena kadang keluarga bukan jadi orang yang nyaman untuk bercerita atau sumber masalahnya di keluarga sendiri.
08 Agustus 2020, 19:03
08 Agustus 2020, 20:30
Alodokter!

Izin menyampaikan pengalaman pribadi juga dokter. Umumnya kalau usia di bawah 18 tahun, biasanya di awal saya sampaikan bahwa forum ini ditujukan untuk konsultasi di atas 18 tahun, dan menganjurkan kedepannya berkonsultasi dengan ortu dulu.

Setelah itu, biasanya saya lanjutkan seperti biasa saja

Namun terkadang, sulit nya pada kelompok usia ini, sudah kita berikan penjelasan panjang lebar, namun ternyata penjelasan nya tidak dibaca, terlihat dari pasien menanyakan hal yg sudah dijelaskan. Tidak sekali dua kali seperti ini. Sudah diulangi penjelasan nya, masih ditanyakan 

Kalau seperti ini, baiknya bagaimana menyikapi nya secara professional dokter?

Terima kasih dokter :) 
18 Agustus 2020, 13:00
dr.H. MUHADIR
dr.H. MUHADIR
Dokter Umum
Terima kasih dr.Rey dan sejawat semuanya
dengan diskusi online memberikan pembelajaran bagi kita semua dokter harus hati hati memberikan layanan pasien usia di bawah 17 th sebaiknya selalu dilayani dgn profesional, tutur kata yang santun dan hati hati ucapan yang sensitif serta sebaiknya didampingi orantua atau walipasien .Demikian dok BTK